Saturday, November 13, 2010

#860 - Crazy Week

ENGLISH

Well, this past one week has been really crazy for me. There were tons things happened this week which literally took most of my time, focus, and energy. The "interesting" thing is that, some incidents were the effect of "chain events". And that is why I am super glad that that week is now over.

Part of those "things" were, of course, campus-related stuffs. I had two assignments to hand in this week. And both of them were "big" ones. The one that due (last) Wednesday was really big that the lecturer gave us the whole quarter to work on it. Not that I was so lazy or procrastinated until the last minute, but due to the heavy workload I had in the first quarter, I did not have that much time to work on it. That is why I had to be on full gear to finish it on time. Last weekend, I even went to my office on Sunday just to work on it!! I needed to put myself in a "working" environment so that I would perform effectively (in my apartment, it was easier for me to get "distracted" :-D). In the end, I finished that one. The second one was due yesterday (Friday). It was not really "heavy" though, even the first three questions were really easy, the fourth one was okay, and the fifth one was kinda tricky. But, because I had big assignment due Wednesday, there was no way for me to work on it before Wednesday while on Wednesday, I was occupied with classes the whole day. So, practically, I only had a full Thursday to finish it. "'Only'? One day is a lot!". That is what you might think. Well, unfortunately for me, there were "complications" happening on Thursday.

In a way, last Thursday was an important day for me because it was the day I could collect my "Residence Permit" IN my campus. So, it was really practical as if I wish to take it on the other date, I would have to go somewhere and arrange appointment or stuffs like that first. This one factor was not really a big deal, I might only need just 15-20 minutes max to do this. What is so complicated with that, right? Well, the thing is, there was another incident that happened the day before that devastated me and it affected my Thursday schedule.

Last Wednesday was also my laundry day. As implied above, it was such a long and hectic day: I had classes the whole day and I had one big assignment to hand in. I was so exhausted. That was why I just put all my dirty clothes to the washing machines without checking if there was nothing else but clothes there!! Then, after taking them from the drying machine, I realized that one of my favorite gadget: my pocket camera, was in the sack of my jacket!! Of course it had been died. ARRRRGGGGHHHHHHH!!!!! It was a damn new camera, I just got it last July!! I was so devastated with this. Anyway, so I had to move on. And because a pocket camera has been an integrated part of me, I decided that I needed to buy a new one. I have a little saving with a little money in it so that I could afford a not-so-expensive pocket camera. Well, I had to buy it kinda soon because I have exciting plans for this weekend and I think I am going to need my camera :-) I could not do camera-shopping on Friday due to scheduling conflict, so I had to do it on Thursday. So, that was how this thing complicated Thursday: I had an "extra" agenda on it.

There was another thing with Thursday: I was running out of supplies and I had to also do grocery-shopping. But I managed to did that as I was camera-shopping as the supermarket and the electronic store were all in the centrum. Anyway, once I arrived at my office, I read my email and there was in invitation to attend a colloquium about "Managing Climate Risk" that afternoon. Of course I would come as it was a super interesting subject. Beside, it was only for one hour, so I thought I could afford that and it was good as I got a "one-hour" rest from my assignment. Sometimes, a rest clears my mind and helps me find an idea to solve a problem. However, after that colloquium, another "complication" occured: we got invited to go to the pub! We all got invited so that we had to come to the pub and of course: drank some beer!! The thing was that it had already been almost 7 PM and I was kinda hungry and of course drinking beer did not relieve my hunger while at that point, I had only solved four problems of the second assignment and I still had exercise no. 5 to do and I was not nearly "close" to solving it.

After that pub-thing, my colleagues and I went back to our offices, not thinking about our empty-and-crying-for-meals belly and tried solving exercise 5. Then, at about 8 PM, I suddenly got a general idea about a method to solve it. It was one of my favorite method: using numerical approach. Anyway, I do not think you are interested with this so I will just skip the details. I got a strong feeling that we were on the right path in solving it using this method, but some problems occured. One hour of discussing, we then decided to call it a day and I got back home at 9.15 PM (my personal record).

I got a pretty decent sleep that night and on Friday morning, I felt kinda refreshed. I had two classes on Friday: morning class and afternoon class, and I have about three hours break in between. Anyway, so on Friday, I put my refreshed-mind back on that problem 5 and suddenly I realized that we were thinking waaay too complicated the day before, as the model we were looking for was super simple!! I still do not know whether we were only too exhausted or the beer had affected us (or the combination, which I think was more likely) so that we were overthinking the problem, hahaha....

So, I finished the assignment on time, and for the first time: I felt SO relieved and free afterward!! I felt that I could finally breathe some air and relax for a while. The good news is that I already have exciting plans for this weekend!! Yeaaahhh!!!! I can not wait for it!! :-)



note : picture taken from here.

BAHASA INDONESIA

Haha, seminggu terakhir ini benar-benar minggu yang gila deh untukku. Ada banyak sekali hal yang terjadi yang benar-benar memakan sebagian besar waktu, fokus, dan energi. Hal yang "menarik" adalah, beberapa insiden yang terjadi itu adalah "efek mata rantai". Dan makanya sekarang aku senang sekali minggu ini sudah selesai.

Sebagian dari "hal-hal" ini berkaitan dengan kampus (tentu saja). Ada dua tugas yang harus dikumpulkan minggu ini. Dan keduanya itu tugas yang "besar". Tugas pertama yang harus dikumpulkan hari Rabu (lalu) adalah tugas sangat besar karena dosennya memberikan waktu satu kuarter untuk menyelesaikannya. Nah, bukannya aku malas atau menunda-nunda mengerjakannya sampai menit terakhir, tapi karena banyaknya tugas di kuarter pertama, nggak terlalu banyak waktu yang bisa kualokasikan untuk menyicil tugas ini. Itulah mengapa aku harus dalam kondisi siap tempur untuk menyelesaikannya. Akhir minggu lalu, aku malah pergi juga ke kantor di hari Minggu untuk menyelesaikannya!! Aku merasa perlu untuk menempatkan diriku dalam lingkungan "kerja" sehingga aku bisa bekerja dengan efisien (kalau di apartemen kan lebih mudah untuk "teralihkan" perhatiannya :-D). Akhirnya, aku bisa menyelesaikannya tepat waktu. Tugas yang kedua harus dikumpul kemarin (Jumat). Nggak terlalu "berat" sih sebenarnya tugas kedua ini, malah tiga soal pertama gampang banget, yang keempat oke lah, yang kelima agak "tricky". Tapi, karena aku ada tugas yang harus dikumpul hari Rabu itu, nggak mungkin aku mengerjakan tugas ini sebelum Rabu sementara di hari Rabunya sendiri, aku disibukkan dengan kelas seharian. Jadi, praktis aku "hanya" memiliki satu hari Kamis untuk menyelesaikannya. "'Hanya'? Sehari itu kan banyak!". Ini mungkin yang kalian pikirkan sekarang. nah, sayangnya untukku, ada "komplikasi" yang terjadi di hari Kamis.

Di satu sisi, Kamis lalu adalah hari penting buatku karena di hari inilah aku mengambil "Residence Permit"-ku DI kampus. Ini adalah suatu fasilitas yang sangat praktis karena kalau aku mau mengambilnya di tanggal lain, aku harus pergi ke suatu tempat, mengatur janji temu atau yang gitu-gitu lah. Satu faktor ini seharusnya bukanlah urusan yang terlalu besar lah ya, paling kan cuma butuh waktu 15-20 menit tuh. Apa yang rumit dari itu, ya kan? Nah, masalahnya, ada insiden lain yang terjadi sehari sebelumnya yang membuatku sedih dan itu mempengaruhi jadwalku di hari Kamis.

Rabu lalu adalah hari mencuci baju buatku. Seperti yang tersirat di atas, Rabu lalu adalah hari yang panjang dan melelahkan: aku ada kelas sepanjang hari dan ada satu tugas besar untuk dikumpul. Intinya, aku capek banget. Dan itulah mengapa aku ya tinggal memasukkan saja semua pakaian kotor ke mesin cuci tanpa mengecek apakah nggak ada barang-barang yang tertinggal di dalam pakaian!! Trus, setelah aku mengambilnya dari mesin pengering, aku sadar kalau satu gadget favoritku: kamera sakuku, ada di dalam saku jaket!! Tentu saja sudah mati deh. ARRRRGGGGHHHHHHH!!!!! Itu adalah kamera yang baru banget, aku baru dapat bulan Juli!! Aku bener-bener terpukul deh dengan kejadian ini. Ngomong2, aku harus merelakannya kan. Dan karena kamera saku adalah barang penting untukku, aku memutuskan untuk beli yang baru deh. Aku ada sedikit tabungan dengan sedikit uang yang mana aku bisa membeli kamera yang nggak-terlalu-mahal untukku. Yah, aku sih merasa harus segera membelinya karena aku ada rencana yang mengasyikkan untuk akhir minggu ini dan aku akan membutuhkan kamera :-) Aku nggak bisa membeli kamera di hari Jumat karena jadwalku penuh, jadi aku harus melakukannya di hari Kamis. Nah, begitu deh satu hal ini mempengaruhi hari Kamisku: aku jadi ada satu kegiatan "ekstra" untuk dilakukan.

Ada hal lain di hari Kamis: persediaan bahan-bahan mentahku sudah habis dan aku harus belanja. Tapi aku bisa melakukannya sekalian sambil beli kamera sih soalnya supermarket dan toko elektroniknya kan ada di centrum. Ngomong2, begitu aku tiba di kantor, aku membaca emailku dan aku mendapat undangan untuk menghadiri kolokium tentang "Managing Climate Risk" sore harinya. Tentu saja aku mau datang karena topiknya sangat menarik. Di samping itu, acaranya juga cuma sejam, jadi kayanya aku bisa deh menghadirinya dan kan bagus tuh karena aku bisa mendapat "sejam" istirahat dari tugas. Kadang, istirahat bisa menjernihkan pikiran kembali dan ini membantuku mendapat ide untuk menyelesaikan masalah. Namun, ternyata setelah kolokium itu, ada "komplikasi" lain yang terjadi: kami diundang ke pub! Kami semua diundang dan kami mesti datang ke pub dan tentu saja: minum bir!! Masalahnya, waktu itu sudah sekitar jam 7 malam dan aku sudah agak lapar dan tentu saja minum bir tidak menghilangkan rasa laparku sementara di titik itu, aku baru menyelesaikan empat soal dan masih ada satu soal lagi yang mana aku masih "jauh" dari menyelesaikannya.

Setelah dari pub, aku dan teman2 balik ke kantor dan melupakan perut yang kosong-dan-meraung-raung-minta-makanan dan mencoba menyelesaikan soal nomer 5. Kemudian, sekitar jam 8 malam, aku tiba-tiba mendapat ide umum untuk menyelesaikannya. Ide ini dengan menggunakan salah satu metode favoritku: pendekatan numerik. Aku lumayan yakin sepertinya pada nggak tertarik sama detail dari metode ini jadi aku nggak menulis detailnya deh. Aku lumayan yakin bahwa kami sudah berada di jalan yang benar dengan menggunakan metode ini, tetapi ada masalah yang muncul. Satu jam diskusi, kami memutuskan cukup untuk hari itu dan aku balik ke rumah jam 9.15 malam (rekorku).

Aku tidur dengan cukup baik malam itu dan di hari Jumat, aku merasa segar. Aku ada dua kelas di hari Jumat, di pagi hari dan siang hari. Ngomong2, jadi di hari Jumat, aku kembali memikirkan soal nomor 5 dengan otak yang sudah beristirahat dan tiba-tiba aku sadar kami memikirkannya terlalu rumit sehari sebelumnya karena model yang kami cari itu sederhana banget!! Aku nggak tahu ya apakah kami terlalu capek atau pengaruh bir (atau kombinasinya, yang menurutku sih ini paling mungkin) jadi kami bisa sampai terlalu jauh memikirkannya, hahaha...

Jadi, aku menyelesaikannya tepat waktu, dan untuk pertama kalinya: Aku merasa SANGAT lega dan bebas setelahnya!! Aku merasa kaya akhirnya aku bisa menghirup udara segar dan santai sejenak. Hal baiknya lagi adalah aku sudah memiliki rencana yang sangat menyenangkan akhir minggu ini!! Yeaaahhh!!!! Sudah nggak sabar nih!! :-)

4 comments:

  1. astaga, turut berduka atas wafat or matisuri-nya kamera baru-mu :(

    ReplyDelete
  2. @ ndutyke : makasih Bu... . Iya nih, menyebalkan sekali, mana itu kameranya bagus...

    ReplyDelete
  3. Jgn sampe telat makan toh Zil....kamu gak kangen Yogya??Merapi bikin kota ini berhiaskan abu hiks

    ReplyDelete
  4. @Judith : haha, kadang baru sempat makan malam nih :D Lah, wong di Belanda baru 3 bulan aja, hihihi :) Iya nih, Merapi serem ya, tp katanya kan uda reda tuh...

    ReplyDelete