Saturday, December 25, 2010

#869 - Merry Christmas 2010!!

Hello All :

I want to say:


to all of you who celebrate it

May He shower us with abundant of blessings and fortunes!!

p.s : by the time this entry was posted, I was in Italy, in Rome to be precise. So that was why I put this entry in automatic-post (thanks Blogger for this feature :-D) so I "still" can post in holiday :-)

Tuesday, December 21, 2010

#868 - Updates


A little updates on me. Tomorrow, Wednesday, I am going to Italy!! Yeaah!! But that's not what I want to share right now. I want to update about my life lately.

Well, the winter holiday is coming up, and of course everything is in the holiday mood. One of those holiday-mood occasions is Lichtjesavond (Evening of Light) that took place in Delft last week. In this occasion, Delft's centrum beautified itself with lights and all other Christmasy ornaments. Plus, there were several attractions opened there, like an open stage with orchestra and choir singing Christmas songs, and all other things. The thing is: the Christmas atmosphere was SOOO strong and I had never experienced something like this before!! I really really felt Christmas and how all (most) people around me were celebrating it!! This kind of atmosphere can never be felt in Indonesia, at least based on my 21 years of experience there :-)

Aside from that, my week has been very hectic. I had to finish several assignments, and also I had to deal with several damn problems. For example, last Friday, I lost my room's key. The good news was that it happened on Friday, when the office of my apartment was still open (if it was the weekend, I would have been screwed). So, I had to miss one class, which was one of my favorite, to deal with this problem. Then, just today, I had to move back to my original room because the renovation is complete. While tomorrow I am going to Italy, so I also have to pack my belongings, hahaha.

The thing is, after my two-week break, I will have three assignments to submit!! Crazy!! That is why I am bringing some of my notes on my trip so that I can work a little bit on them if I manage to find some time (for example, during a train ride, etc).

Anyway, winter (year-end) holiday is here now, so Happy Holiday!! :-) See you next year!! ;-)

::: Lichtjesavond in Delft's Nieuwe Kerk

::: A group of singers performing at the Lichtjesavond in Delft.

::: A choir performing during the Lichtjesavond in Delft.

::: An orchestra performing "We Wish You A Merry Christmas" during the Lichtjesavond in Delft. How could you not want Christmas after seeing this??


Sedikit update ah. Besok, hari Rabu, aku akan pergi ke Italia!! Yeaah!! Tapi bukan itu yang aku ingin tulis sekarang. Aku ingin menulis sedikit update tentang kehidupanku akhir-akhir ini.

Yah, liburan musim dingin sudah dekat, dan tentu saja semuanya berada di mood liburan. Salah satu dari banyak acara dengan mood liburan itu adalah Lichtjesavond (Malam Lampu) yang berlangsung di Delft minggu lalu. Di acara ini, centrum-nya Delft mempercantik dirinya sendiri dengan lampu dan segala macam ornamen Natal lainnya. Plus, ada beberapa atraksi yang dibuka, misalnya panggung terbuka dengan orkestra dan koor yang menyanyikan lagu-lagu Natal, dan hal-hal lainnya. Yang jelas adalah: suasana Natal terasa SANGATLAH kental disini dan aku blum pernah merasakan yang seperti ini sebelumnya!! Aku benar-benar merasakan Natal dan bagaimana semua (kalo bukan kebanyakan) orang di sekitarku merayakannya!! Atmosfer seperti ini nggak akan pernah bisa dirasakan di Indonesia deh, setidaknya berdasar pengalamanku. Pokoknya beda banget!!

Di sisi lain, minggu2ku akhir2 ini sangatlah menyibukkan. Aku harus menyelesaikan beberapa tugas, dan harus berurusan dengan beberapa masalah sial. Misalnya, Jumat lalu, aku nggak sengaja menghilangkan kunci kamarku. Kabar baiknya adalah hal itu terjadi di hari Jumat, ketika kantor apartemennya masih buka (kalau saja itu di akhir minggu, mati deh). Karenanya, aku harus melewatkan satu kelas, yang merupakan salah satu kelas favoritku, untuk berurusan dengan masalah ini. Trus hari ini, aku harus balik pindah ke apartemenku yang lama karena renovasinya sudah selesai. Padahal juga karena besok ke Italia, aku juga harus mengepak barang nih, hahaha.

Hal lain adalah, setelah libur dua minggu, aku ada tiga tugas yang harus dikumpulkan!! Gila!! Makanya besok aku mau membawa beberapa catatan deh selama liburan jadi aku bisa belajar sedikit lah kalau ada waktu (misalnya, waktu naik kereta, dll).

Yah, pokoknya, liburan musim dingin (akhir tahun) sudah tiba, jadi Selamat Liburan!! :-) Sampai jumpa di tahun depan! ;-)

Sunday, December 19, 2010

#867 - Review of the Year 2010


I know the end of the year is still relatively pretty far ahead. But because I am going to Italy for my year-end holiday until the 4th of January, I will not have time to post this entry later so I will just post it now. Anyway, I feel like that I kinda want to write an entry like this one, about a review of my life in the year of 2010 (though that entry in the link was only in Bahasa Indonesia, now I am writing bilingual).

Overall, 2010 has been a great, inspiring, and meaningful for me. A lot of things have happened to my life, including moving me to the other part of the world. I have done an above-average number (as for my standard) of traveling this year. I have achieved something. I have got many new experiences. Well, let me elaborate them one by one.

Achievement and Life-Changing Event

The biggest achievement I have done this year is that I graduated with my bachelor degree. I am now entitled to have those three-letter title behind my name (though I have not used it until now :-D). This one was planned, very-well planned. Since I got to the university, I had already planned to graduate in 3.5 years. I worked hard and it paid off: I achieved it. I was so happy and proud of myself.

But then, a question came: "What should I do next?" I had been thinking about it for months. I had two options: to continue studying or to find a job. This was a no-brainer for me, of course I picked the former. But then the next question came up: "Where?" The answer came on the 1st of March, 2010, through this great news: I got a full scholarship to continue my study in TU Delft, in the Netherlands. I was extremely happy at that time, feeling on top of the world as that was such a dream coming true!! I had always been wanting to study abroad, let alone Europe!! And with this economy now, I felt (and still feel) so blessed and lucky to have got this opportunity.

So, I had set a course on what I was going to do next. It was time to make the preparations. The first one was clear: leaving Bandung, the city I had been living in for 46 months. It was kinda emotional and I wrote this entry. And eventually, it was official: I started my life in Bandung on August 7, 2006 and I officially left the city on May 23rd, 2010. I will never forget a great life I had in Bandung.

Then, the big day came: my departure to Europe. It was Wednesday, August 18th, 2010. I was catching Garuda Indonesia flight to Amsterdam with one transit in Dubai (well, two if Jakarta is counted). It was my first inter-continental flight and I was so excited! I arrived in the Netherlands one day later and so it was official: my life in the Netherlands had started.


Let's change topic to something more fun. One of my passion is traveling. For my standard, 2010 is the year with most trips I have had so far. I have stepped my feet on ten different countries this year (including Indonesia and the Netherlands (of course), and United Arab Emirates (if this counts as I had one hour transit there during my flight to Amsterdam)). Let me elaborate them:

#1. Bali Trip

I went to Bali with my college friends for one week on January. It was such a great week and a dream came true for us. We had been planning that trip for about one year and a half and we were so excited that it finally came to realization.

#2. Three Countries Trip

On June, my friends and I went on a vacation to three countries: Singapore, Malaysia, and Thailand. We got really cheap tickets from AirAsia about nine months prior, and I was happy that it finally came true. This is mainly because I finally visited one place that I had always wanted to go to: Krabi, in Thailand.

#3. China Trip

This was actually a pretty "abrupt" trip as we only planned it some two weeks before the departure. So, I went to China with my mom at the end July until early of August for ten days. It was not really a vacation, but I still did enjoy the trip and in fact: it opened my eyes a lot.

#4. Portugal Trip

This trip was my first "big" trip since I arrived in the Netherlands. I went to Portugal for one week. It was a trip during a quarter break and I think that trip worked so well as it refreshed my mind and put myself on a "working" gear at full throttle. Honestly, for me at this time one year ago, this was a trip that I never thought I would have in less than one year.

#5. Italy Trip

Well, this trip is kinda in the near future. I am going to Italy next Wednesday, and it is going to be two weeks!! Two freaking weeks!! This is the longest trip I have ever had in my life!! I am really excited of this trip and I really wish it will not be snowing next week (as snow apparently paralyzes transportation in Europe now).

#6. Many Other Smaller Trips

I also had many other smaller trips throughout the year. Most of them were just a one day trip, and one other (trip to East Java) was only a two-day trip. In Indonesia, I went to Sukabumi on March and to Tulung Agung and Blitar on April. In Europe, I went around the Netherlands (to Den Haag, Rotterdam, Roermond, Maastricht, and Amsterdam) and Belgium (to Leuven and Ghent).

Overall Life Experience

Overall, I really love my life. I am currently in a state where I had always wanted to be: living in Europe. And the experience has met my expectation. It is not only about the academic life, but it is the overall living experience that I have been in. I have made many new friends, from many different countries (and this is so fascinating btw). I have learnt about how to live in a country that is so different in many aspects than Indonesia. I have experienced new things in life, out of my "box"!! And this is including another thing that I had always wanted to experience in my life: SNOW!! This is great!!

So, how has 2010 been for me? It has been awesome!! I would consider 2010 as one of the best year of my life personally, one year that changed my life. I have accomplished many things in my life, both the serious side and the fun side, this year. I feel really blessed this year, and I am looking forward to another great year just in front of my eyes now: 2011.

::: Bali

::: Phi-Phi Don Bay

::: Maya Beach

::: First Inter-Continental Flight

::: Dutch Windmill

::: Delft

::: Belem, Lisbon, Portugal

::: My First Winter

::: Stunning Winter


Aku tahu akhir tahun masih relatif lama dari sekarang. Tapi karena aku akan pergi ke Italia di liburan akhir tahunku sampai tanggal 4 Januari, aku jadi nggak ada waktu untuk mengepos posting ini nanti, jadi aku post sekarang deh. Ngomong2, aku merasa ingin nulis posting seperti yang ini, tentang review kehidupanku selama tahun 2010 ini (dan aku akan menulis dalam dua bahasa sekarang).

Secara keseluruhan, 2010 adalah tahun yang hebat, penuh inspirasi, dan berarti untukku. Banyak hal yang terjadi dalam hidupku, termasuk memindahkanku ke sisi lain dari planet Bumi ini. Jumlah acara jalan-jalanku juga di atas rata-rata (untuk standarku) tahun ini. Aku sudah mencapai sesuatu. Aku mendapatkan banyak pengalaman baru. Yah, aku akan menguraikannya satu per satu.

Pencapaian dan Kejadian yang Mengubah-Hidup

Pencapaian terbesarku tahun ini adalah aku lulus dengan gelar S1. Aku sekarang berhak menggunakan tiga huruf itu di belakang namaku (walau aku masih belum terlalu menggunakannya sih sampai sekarang :-D). Hal ini memang sudah direncanakan, dengan sangat baik malah. Semenjak aku masuk universitas, aku sudah merencanakan untuk lulus dalam tiga setengah tahun. Aku bekerja keras dan ternyata ada hasilnya: aku mencapainya. Aku sangat bahagia dan bangga terhadap diriku sendiri.

Tetapi kemudian, sebuah pertanyaan muncul: "Apa yang harus kulakukan setelahnya?" Aku sudah memikirkannya semenjak berbulan-bulan sebelumnya. Aku memiliki dua pilihan: melanjutkan kuliah atau mencari pekerjaan. Ini pilihan yang mudah untukku, tentu saja aku memilih yang pertama. Nah, lalu pertanyaan selanjutnya muncul: "Dimana?" Jawabannya muncul di tanggal 1 Maret 2010, melalui berita membahagiakan ini: Aku mendapatkan beasiswa penuh untuk melanjutkan studiku di TU Delft, di Belanda. Aku sangat bahagia waktu itu, bagaikan di awang-awang karena memang rasanya seperti mimpi yang menjadi kenyataan!! Aku sudah sangat ingin sekali belajar di luar negeri, apalagi Eropa!! Dan dengan kondisi ekonomi seperti sekarang ini, aku merasa (dan masih merasa) sangat diberkatu dan beruntung karena mendapatkan kesempatan ini. .

Nah, jadi arah hidupku selanjutnya sudah ditetapkan. Sudah waktunya mulai mempersiapkannya. Persiapan pertama sih jelas: meninggalkan Bandung, kota yang sudah kutinggali selama 46 minggu. Waktu itu agak emosional juga dan aku menulis posting ini. Dan, selanjutnya resmilah: aku memulai kehidupanku di Bandung tanggal 7 Agustus 2006 dan aku secara resmi meninggalkan kota itu di tanggal 23 Mei 2010. Aku nggak akan pernah melupakan kehidupanku yang sangat berwarna di Bandung.

Trus, hari besarnya tiba juga: keberangkatanku ke Eropa. Waktu itu hari Rabu, tanggal 18 Agustus 2010. Aku naik pesawat Garuda Indonesia menuju Amsterdam dengan satu transit di Dubai (dua sih kalau Jakarta dihitung). Penerbangan itu adalah penerbangan antar-benua pertamaku dan aku sangat bersemangat! Aku tiba di Belanda sehari setelahnya dan resmilah: kehidupanku di Belanda telah dimulai.


Mari kita berganti topik ke sesuatu yang lebih menyenangkan. Salah satu hasratku adalah jalan-jalan. Nah, untuk standarku, tahun 2010 ini adalah tahun dengan perjalanan terbanyak yang pernah kumiliki. Aku sudah menginjakkan kaki di sepuluh negara yang berbeda tahun ini (termasuk Indonesia dan Belanda (tentu saja), dan Uni Emirat Arab (kalau ini dihitung soalnya kan penerbanganku ke Amsterdam transit disana selama sejam). Mari kuurai:

#1. Perjalanan ke Bali

Aku pergi ke Bali dengan teman-teman kampusku selama seminggu di bulan Januari. Minggu itu adalah minggu yang menyenangkan dan bagaikan mimpi yang jadi nyata. Kami sudah merencanakan perjalanan ini selama sekitar satu setengah tahun dan kami sangat bersemangat ketika akhirnya rencana itu menjadi kenyataan.

#2. Perjalanan ke Tiga Negara

Di bulan Juni, aku dan teman2ku jalan-jalan liburan ke tiga negara: Singapura, Malaysia, dan Thailand. Kami mendapat tiket yang sangat murah dari AirAsia sekitar sembilan bulan sebelumnya, dan aku sangat bahagia ketika saatnya tiba. Ini karena aku akhirnya mengunjungi satu tempat yang memang sudah sangat ingin kunjungi sebelumnya: Krabi, di Thailand.

#3. Perjalanan ke Cina

Perjalanan ini bisa dikatakan "mendadak" karena kami merencanakannya sekitar dua minggu sebelum berangkat. Nah, jadi ceritanya aku pergi ke Cina dengan mamaku di akhir bulan Juli hingga awal Agustus selama sepuluh hari. Perjalanan ini bukan dalam rangka liburan sih, tapi aku masih sangat mengikmati perjalanannya dan malah: ini membukakan mataku lebar-lebar. as not really a vacation, but I still did enjoy the trip and in fact: it opened my eyes a lot.

#4. Perjalanan ke Portugal

Perjalanan ini adalah perjalanan "besar" pertamaku semenjak aku tiba di Belanda. Aku pergi ke Portugal selama satu minggu. Perjalanan ini kulakukan di masa libur kuarter dan aku rasa perjalanan ini sangat baik karena menyegarkan kembali pikiranku dan membuatku dalam mode "siap tempur" menghadapi tugas-tugas dari kampus. Jujur, di tanggal ini tahun lalu, aku nggak pernah menyangka akan bisa melakukan perjalanan ke Portugal ini dalam waktu kurang dari setahun.

#5. Perjalanan ke Italia

Yah, perjalanan ini masih ada di masa depan sih. Aku baru pergi ke Italia hari Rabu besok ini, dan ini adalah perjalanan selama dua minggu!! Ya, dua minggu!! Ini adalah perjalanan terlama dalam hidupku loh!! Aku sudah sangat bersemangat dan aku berharap mudah-mudahan minggu depan nggak bersalju (soalnya salju melumpuhkan sistem transportasi di Eropa nih).

#6. Banyak Perjalanan Kecil Lainnya

Aku juga melakukan banyak perjalanan kecil lainnya sepanjang tahun ini. Kebanyakan darinya adalah perjalanan selama sehari, dan lainnya (perjalanan ke Jawa Timur) adalah perjalanan selama dua hari. Di Indonesia, aku pergi ke Sukabumi di bulan Maret dan ke Tulung Agung dan Blitar di bulan April. Di Eropa, aku pergi keliling Belanda (ke Den Haag, Rotterdam, Roermond, Maastricht, dan Amsterdam) dan Belgia (ke Leuven dan Ghent).

Pengalaman Hidup Secara Keseluruhan

Secara keseluruhan, aku sangat suka akan hidupku. Kini aku berada di posisi yang memang sudah aku ingini sejak dulu: hidup di Eropa. Dan pengalaman ini memang sudah memenuhi harapanku. Nggak hanya tentang kehidupan akademiknya, tapi pengalaman hidup secara keseluruhannya. Aku jadi memiliki banyak teman baru, dari banyak negara (dan ini keren juga kan). Aku juga belajar bagaimana hidup di sebuah negara yang sangat berbeda dalam banyak aspek dari Indonesia. Aku jadi memiliki banyak pengalaman baru dalam hidup, di luar "kotakku"!! Dan tentu ini termasuk satu hal yang memang sudah sangat ingin aku rasakan dalam hidupku ini: SALJU!! Dan ini sangat hebat!!

Nah, jadi bagaimana tahun 2010 ini bagiku sejauh ini?? Wah, sudah keren banget deh!! Aku secara pribadi mengategorikan 2010 sebagai salah satu tahun terbaikku. Aku mencapai banyak hal di tahun ini, baik di sisi serius maupun di sisi menyenangkannya. Aku merasa sangat terbekati tahun ini, dan aku menunggu tahun berikutnya yang juga hebat: tahun 2011 yang sudah ada di depan mata.

Monday, December 13, 2010

#866 - Portugal Trip (Part 3)


Well, I just realized that apparently the trilogy about my trip to Portugal has kinda been postponed for a while now. Well, before it is being way out of date and while I have the time now, I am going to finish the trilogy with this entry :-)

Actually all of what I did and visited in Portugal have kinda been shared in both previous entries. What I want to share in this entry is about my experience in Portugal. Well, what I will write here is just based on what I experienced and I have no mean to be rude or judgmental towards all who are mentioned in this entry :-)

Language Barrier

I bet you are not surprised with this. Portuguese people spoke Portuguese as their native language, and only small percentage of them spoke English. Well, they did understand English to some extent, but not that advance enough to be able to communicate with me with no problem. This kind of thing happened several times during my stay there:

Setting : in a restaurant and I was looking at a menu book which was only in Portuguese and I did not understand a single thing written there and I decided to call the waiter to ask something.
Me : "Hi, can you please explain to me what is this?" *pointing at one menu*
Waiter : *explaining things in Portuguese and I did not understand what he said*
Me : "Umm, I am sorry but I do not speak Portuguese. Do you speak English?"
Waiter: "No" *then he continued explaining things in Portuguese slowly hoping that I would understand in which of course I still did not understand*

I ended up picking a random menu from the book and thanks God it was good! :-)

This incident also happened once: My friend and I went into a crowded restaurant ('crowded' is a good sign for a restaurant, right?). We walked in and a maître d’ greeted us in Portuguese. We then said we would like to get a table and so on. We got in, and another maître d’ asked us something in Portuguese, and we said we wanted a table. He asked us something in Portuguese, again, making us to realize that we did not really answer his question. We asked him if he spoke English, and apparently he could not. He then called another waiter there, who also had a limited English proficiency, to communicate with us and we by then understood that we had to make a reservation first as that day there was a big group already reserved that whole restaurant.

Another thing also happened. We were looking for Oceanorium (we got lost because there was no clear sign pointing where the Oceanorium was, damnit!) and we decided to ask direction to a lady. Well, she understood what we were asking but she could not explain the direction in English. So what she did was she mimicked the direction using her hands.

Well, all these incidents taught me that we can not take language for granted. We can not expect everyone to speak English, and even I think it is going to be better and more respectful if we learn some phrases in local language before going to a country.

Portuguese People

My general impression about Portuguese is that they are really nice and helpful! But based on my experience, there were two steps before I could feel that friendliness. In fact, the first impression I got was the exact opposite: they were annoying. These are several incidents that happened:

Annoying #1

During the second day in Portugal, I had an incident: I stepped on dog poo and I did not realize it until I was sitting in a boat tour and crapped my jeans with that poo. (yea, it sucked to hell). I then decided to get my jeans laundered in my hostel.

The next morning, I went to the reception and met a lady there (it was the first time I met her) and I told her about my intention to get my jeans laundered (of course I was willing to pay a reasonable price for that). At first she was really not helpful by responding: "You want me to wash your jeans?" in a not-so friendly tone. Now having felt the not so nice tension, I backed down and basically said "never mind" to her. I then walked back to my room. But then, about 10 minutes later when I was about to leave the hostel to explore the city, she "changed". She said that she could wash my jeans and I had to pay 1.5 euro for that. I thought it was a reasonable price and I said okay. I went back to my room, took my jeans, and gave it to her. She even joked that my jeans was heavy. From here on, suddenly the evil-not-so-friendly image was gone from her!! She became a really nice and friendly woman right after that!! She even expressed how she loved Portugal's weather as it was sunny all week long in a cheerful and funny way!!

Annoying #2

One day I had no idea how to get to Cristo-Rei, so I thought it would be wise to ask some help from the locals. There was one information booth nearby and I decided to get there. Then this sort of conversation happened:

Me : "Hi, do you know how to get to Cristo Rei?"
Guy in the information booth (GIIB): "No"
*well, at this point, I remember thinking that this guy was so rude as he blatantly said "no" with no "sorry" nor sympathetic voice nor what, but then some seconds later, he continued*
GIIB : "But maybe you can go to the information booth in the city center. You can get there by catching bus number #"

I think there were several other incidents but I can not recall them now (damn, this is what we get if we postpone to write things for too long: we forget some details!).


Well, to me, the food in Portugal is not bad, in fact, I enjoyed some of the delicacies!!

I did a little survey and one website suggested that I should try Tripas à moda do Porto in Porto. I wrote something about it in the first part of this trilogy. So, if you are interested enough, just browse it! :-)

Then, a friend told me that I must try "bacalhau". He said it was something like a salted fish cooked in Portuguese style. Well, "bacalhau" sounded exotic and I was really interested in it. Of course, in Portugal, I ate "bacalhau". Apparently, "bacalhau" is a name of a fish and so it can be cooked in several different ways. And I enjoyed some of the bacalhau menus, especially the fried one! hahaha. There was one bacalhau menu I had in Belem where it was cooked in a way such that it looked like a fried rice!! Being curious, my friend asked one of the restaurant what bacalhau was. Then, he said it was a Portuguese word for: "COD"!! My friend, who was from Canada, just said that bacalhau officially lost its exoticity, hahaha....

There was also another exotic food in Portugal: octopus!! Yes, octopus, not cuttlefish or squid! Well, (lucky enough, I guess) I did not eat its head, but its tentacles. It tasted kinda weird, because the tentacles were thick and fat enough so you could taste its chewiness and what was in that tentacles!

Well, I think that is pretty much what I want to share in this blog about my trip to Portugal. Hopefully all of you enjoy this, and future me (a note to myself), do not forget this: never postpone at least writing a draft about a trip or you will forget more details as time goes by!! :-)

::: Tripas à moda do Porto

::: Pasteis de Belem.


Yah, baru saja aku sadar bahwa ternyata trilogi tentang perjalananku ke Portugal sudah agak tertunda beberapa waktu nih. Hmm, sebelum menjadi terlalu basi dan sementara lagi ada waktu sekarang, aku akan menyelesaikannya melalui posting ini :-)

Sebenarnya, semua hal yang aku lakukan dan kunjungi di Portugal telah aku tulis di kedua posting sebelum ini. Yang ingin aku tulis disini lebih ke pengalamanku di Portugal. Yah, sebelum aku memulai menulis, aku ingin berkata dahulu bahwa aku tidak ada maksud sama sekali menyindir apalagi mengejek pihak yang disebut di posting ini ya :-)

Kendala Berbahasa

Aku yakin pasti pada nggak kaget dengan hal ini. Orang Portugal itu berbahasa Portugis sebagai bahasa ibu mereka, dan hanya sedikit yang berbahasa Inggris dengan lancar. Yah, mereka mengerti bahasa Inggris koq sampai tingkat tertentu, hanya saja tidak semahir itu untuk dapat berkomunikasi dengan lancar. Hal-hal seperti ini terjadi beberapa kali ketika aku disana:

Setting : di sebuah restoran dan aku sedang melihat sebuah buku menu yang ditulis hanya dalam bahasa Portugis dan aku nggak ngerti satu hal pun yang tertulis disana sehingga aku memutuskan untuk bertanya pada pelayan.
Aku : "Hi, can you please explain to me what is this?" *menunjuk satu menu*
Pelayan : *menjelaskan dalam bahasa Portugis dan tentu saja aku nggak ngerti apa yang ia bicarakan*
Aku : "Umm, I am sorry but I do not speak Portuguese. Do you speak English?"
Pelayan: "No" *kemudian ia kembali menjelaskan dengan bahasa Portugis dengan pelan-pelan sambil berharap aku akan mengerti dan tentu saja aku masih nggak ngerti maksudnya apa*

Akhirnya aku milih menu secara acak dari buku dan untungnya menunya enak! :-)

Insiden ini juga terjadi sekali: Aku dan temanku masuk ke sebuah restoran yang rame ('rame' itu pertanda bagus bagi sebuah restoran kan?). Kamu masuk dan pelayannya menyambut kami dengan bahasa Portugis. Kami berkata kami ingin mendapat meja dan seterusnya. Kami masuk, dan seorang pelayan lain datang dan bertanya dalam bahasa Portugis, dan kami bertanya kami ingin duduk. Dia kemudian bertanya lagi, dalam bahasa Portugis, dan akhirnya kami sadar kalau kami tidak memberikan jawaban yang tepat. Kami bertanya apakah ia bisa berbahasa Inggris dan ternyata tidak. Dia kemudian memanggil pelayan lain, yang juga berbahasa Inggris dengan terbata-bata, untuk berkomunikasi dengan kami dan akhirnya kami baru tahu kalau kami harus pesan tempat dulu karena di hari itu lagi ada grup besar yang sudah memesan tempat di seluruh restoran.

Hal lain juga terjadi. Kami mencari Oceanorium (kami kesasar karena nggak ada petunjuk yang jelas sih yang nunjukin lokasi Oceanorium, sial!) dan memutuskan untuk bertanya ke seorang wanita. Yah, ia sih mengerti apa yang kami tanyakan tapi masalahnya ia tidak bisa menjelaskan dengan bahasa Inggris. Oleh karenanya ia menggunakan tangannya untuk menunjukkan arah.

Yah, semua insiden itu mengajarkan aku bahwa kita tidak bisa menyepelekan masalah bahasa. Kita tidak bisa mengharapkan semua orang untuk dapat berbahasa Inggris, dan aku rasa bahkan akan lebih baik dan lebih menghormati apabila kita juga belajar beberapa frasa dalam bahasa lokal sebelum pergi ke suatu negara.

Orang Portugis

Impresi umumku tentang orang Portugis adalah mereka sangat baik dan ramah! Tapi menurut pengalamanku sih, untuk mencapai level itu, ada dua langkah terlebih dahulu. Malah, impresi awal yang kudapat sangatlah berlawanan: mereka menyebalkan. Ini adalah beberapa insiden yang terjadi:

Menyebalkan #1

Di hari kedua di Portugal, aku mengalami sebuah insiden: aku menginjak kotoran anjing dan aku nggak sadar sampai aku duduk di kapal di tur kapal dan mengotori celana jins-ku dengan kotoran itu. (ember, menyebalkan sekali kan). Aku kemudian memutuskan untuk mencuci celana jinsku melalui jasa laundry di hostel.

Keesokan paginya, aku pergi ke resepsi hotstel dan bertemu seorang wanita disana (ini adalah kali pertama aku bertemu dengannya) dan aku mengutarakan niatku untuk mencuci celana jinsku disitu (tentu saja aku berniat membayar harga yang masuk akal untuk itu). Awalnya, ia sangat tidak membantu dengan merespon: "Kamu ingin saya mencuci celanamu?" dengan nada yang nggak terlalu ramah. Ya karena aku merasa koq ada sedikit ketegangan, ya sudah aku mundur saja dan berkata kira-kira "lupakanlah kalau gitu". Aku kemudian balik ke kamar. Kemudian, sekitar 10 menit kemudian ketika aku akan meninggalkan hostel untuk jalan ke kota, dia "berubah". Ia berkata ia bersedia mencuci celana jinsku dan aku harus membayar 1,5 euro untuknya. Aku merasa harga itu masuk akal dan aku berkata oke. Aku balik ke kamar, mengambil celana jinsku, dan memberikannya padanya. Ia bahkan kemudian bercanda dengan berkata celana jinsku berat. Setelahnya, kesan jahat-dan-nggak-ramahnya hilang sama sekali darinya!! Ia menjadi sangat baik dan ramah setelahnya!! Dia bahkan menceritakan kecintaannya pada cuaca Portugal yang cerah sepanjang minggu dengan cara yang sangat lucu dan riang!!

Menyebalkan #2

Di satu hari aku nggak tahu bagaimana caranya untuk pergi ke Cristo-Rei, jadi aku rasa adalah bijaksana untukku bertanya kepada beberapa orang lokal. Ada sebuah pusat informasi di dekat lokasiku waktu itu dan aku memutuskan untuk menuju tempat itu. Kemudian, percakapan kaya gini terjadi:

Aku : "Halo, apakah Bapak tahu bagaimana cara pergi ke Cristo Rei?"
Bapak-bapak di pusat informasi (BBPI): "Enggak"
*di titik ini, aku sangat ingat berpikir bahwa orang ini nggak ramah amat sih koq cuma gitu aja ngomong "enggak"-nya dengan tanpa kata "maaf" atau kata lain yang lebih simpatik kek, atau solusi kek, tapi kemudian beberapa detik kemudian ia melanjutkan omongannya*
BBPI : "Tapi mungkin kamu bisa pergi ke pusar informasi di pusat kota. Kamu bisa kesana dengan naik bus nomer #"

Aku rasa ada beberapa insiden lain tapi aku nggak bisa ingat nih (sial, inilah yang kita dapat kalau kelamaan menunda menulis: melupakan beberapa detail!).


Untukku, makanan di Portugal lumayan tuh, malah, aku suka beberapa menunya!!

Aku melakukan survey kecil dan satu website menyarankanku untuk mencoba Tripas à moda do Porto di Porto. Aku menulis sesuatu tentang ini di bagian pertama trilogi ini. Jadi, kalau mau tahu, buka aja link di atas! :-)

Trus, seorang teman memberitahuku bahwa aku harus mencoba "bacalhau". Kayanya sih "bacalhau" ini semacam ikan asin yang dimasak alah Portuhis. Nah, "bacalhau" terdengar eksotis kan? Makanya aku tertarik. Dan tentu saja, di Portugal, aku makan "bacalhau" dong. Ternyata "bacalhau" itu adalah nama sejenis ikan yang bisa dimasak dalam beberapa cara. Aku suka beberapa menu bacalhau ini, terutama yang digoreng! hahaha. Ada satu menu bacalhau yang aku makan di Belem yang dimasak sedemikian rupa sehingga mirip nasi goreng loh!! Penasaran, temanku bertanya ke salah satu restoran sebenarnya apa sih bacalhau itu. Kemudian, pelayannya berkata bahwa "bacalhau" adalah kata Portugis untuk ikan: "KOD"!! Temanku, yang orang Kanada, langsung bilang kalau keeksotisan bacalhau langsung hilang seketika, hahaha....

Ada juga menu eksotis lain di Portugal: gurita!! Ya, gurita loh, bukan sotong atau cumi-cumi!! Yah, (untungnya, mungkin) aku nggak makan kepalanya, tapi makan tentakelnya. Rasanya rada aneh gimanaa gitu, soalnya tentakelnya kan tebal jadi bener-bener deh terasa kekenyalan dan ketebalan dagingnya itu!

Yah, kurang lebih ini deh yang ingin aku bagikan di blog ini tentang perjalananku ke Portugal. Mudah2an pada menikmatinya ya, dan untuk diriku di masa depan (catatan untuk diri sendiri ceritanya), jangan lupa ini: jangan pernah menunda setidaknya menulis draft tentang perjalananmu atau kamu akan lupa banyak detail seiring dengan berjalannya waktu!! :-)

Thursday, December 09, 2010

#865 - Updates


Well, my life has been okay as for now. I apparently survived the crazy week and now my room is being renovated. To update my story, I will put this entry in three parts:

#1 Crazy week ahead

I just realized that I am going to Italy in two weeks!! How exciting is that!?!? Well, no. It is because before I reach that date, I will have tons of things to work on first. I have four assignments due before Italy and maybe I will have to move back to my apartment before that! Well, at this point I feel that a point two weeks in the future is still so far away!!

#2 Adventure to Amsterdam and Utrecht

Anyway, last weekend I went to Amsterdam with my friends. It was nice and fun, except for the damn snow-storm that happened earlier that day. Well, all I can say is that walking outside in a snow-storm is definitely not fun, unless you like the feeling of snow hitting your face hardly (and at some points snow hit my lips and I felt that the nature forced me to eat some ice, LOL). The thing is, at one point we decided to get in a cafe and had a coffee there to warm ourselves. From inside, the snow-storm looked beautiful!!! Kinda an ironic, isn't it? :-)

Later that day, after visiting some place in the city, we decided to go to Utrecht as we had a day pass train ticket. Something was wrong as the train was late from Amsterdam Centraal but we did not really think about it. We reached Utrecht, about 40 minutes LATE behind the scheduled time arrival of the train (we even stopped some hundred of meters before the station for about 20 minutes). By then we realized that something was terribly wrong!! The snow-storm that occurred earlier that day had affected the railway network in the Netherlands!! It was so severe that many trains were delayed and had to be canceled! It meant that the frequency of train to Den Haag or Rotterdam (two big cities closest to Delft) was reduced significantly. To make things worse, the actual information and update about the upcoming train was the one announced in the station every time a train is passing, which was only in Dutch!! Well, the thing is, I understand Dutch, to some extent, but when it is in an extra-ordinary case where it involves many "foreign" words for me, I get confused :-) And this was one of the case. Lucky we found a Dutch lady who told us that a train heading for Den Haag is coming :-)

#3 New phone or not??

Well, my phone has kinda been annoying these past couple of months. I fully charged my battery, but then when I accessed the internet, the battery dropped (it dropped just one minute after I accessed the internet! Kinda sucks!). It also frequently drops in several other occasions, like when I snap pictures (just after three or four pictures, it dropped) or when I received a phone call (just after one or two minutes, it dropped). It sucks!!

This led me to think about buying a new battery for my phone. But then I realized something. My phone is now two years old and maybe it is already the time to get a new one. After some researches and suggestions from friends, I think a smart phone would be cool to have. I dug some further research and got a really interesting deal from one of provider here in the Netherlands. I did some calculation and basically I can afford this new phone with my own money, because I will pay for it in installments for two years. I have not made the deal since I want to take some time to really think about it first :-)

Now I am in a dilemma. Well, I can just buy a new battery for my (current) phone which does not cost that much OR I can buy this new smart-phone which is kinda expensive but I can afford it. Hmmm.... . What do you think?? :-)

::: Snow-Storm in front of Amsterdam Centraal Station.

::: Amsterdam.

::: The Dam in a Snow-Storm.

::: Inside the Koninklijke Paleis Amsterdam.

::: One spot in Amsterdam.

::: One of many canals in Amsterdam.

::: Winter Plaza.

::: Another canal in Amsterdam.

::: Utrecht.


Yah, kehidupanku baik2 saja saat ini. Ternyata aku bisa selamat dari minggu gila dan sekarang apartemenku sedang direnovasi. Untuk meng-update ceritaku, aku membagi posting ini dalam tiga bagian:

#1 Minggu gila akan datang

Aku baru sadar kalau aku akan pergi ke Italia dua minggu lagi!! Nah, mendebarkan sekali kan!?!? Hmmm, jawabannya adalah tidak. Ini karena sebelum aku mencapai tanggal itu, ada banyak hal yang harus aku kerjakan dulu. Aku ada empat tugas yang harus kuselesaikan sebelum Italia dan ada kemungkinan aku harus balik ke apartemenku sebelum aku pergi ke Italia! Yah, di titik ini, satu waktu di dua minggu ke depan terasa masih jauh sekali!!

#2 Petualangan ke Amsterdam dan Utrecht

Ngomong2, wiken lalu aku pergi ke Amsterdam bersama teman2. Acaranya asyik dan menyenangkan, kecuali badai salju yang terjadi di pagi harinya. Yah, yang bisa aku katakan adalah berjalan di luar di tengah badai salju itu nggak asyik loh, kecuali Anda suka muka Anda dihantam salju dengan lumayan keras (dan pada beberapa saat saljunya mengenai bibirku dan aku merasa seakan-akan alam ingin aku makan es, LOL). Hal yang menarik adalah, di satu titik akhirnya kami memutuskan masuk ke sebuah kafe dan minum kopi sambil menghangatkan badan disana. Nah, dari dalam, badai saljunya terlihat indah loh!!! Ironis juga kan? :-)

Kemudian di hari itu, setelah berkunjung ke beberapa lokasi di Amsterdam, kami memutuskan untuk pergi ke Utrecht karena kami memiliki tiket kereta seharian. Ada yang salah dengan keretanya karena berangkatnya terlambat dari Amsterdam Centraal tapi kami tak terlalu memperhatikannya. Kami kemudian tiba di Utrecht, 40 menit TERLAMBAT dari jadwal kedatangan kereta (kami bahkan berhenti beberapa ratus meter dari stasiun selama sekitar 20 menitan tuh). Baru kemudian kami sadar bahwa ada yang sangat salah!! Badai salju yang terjadi pagi hari itu ternyata berakibat buruk pada jaringan kereta di Belanda!! Saking parahnya, banyak kereta jadi terlambat dan dibatalkan! Ini artinya frekuensi kereta ke Den Haag atau Rotterdam (dua kota besar terdekat ke Delft) berkurang secara signifikan. Membuat hal tambah buruk, informasi aktual dan update tentang kereta yang akan datang adalah pengumuman yang diumumkan tiap kali ada kereta datang, yang hanya ada dalam bahasa Belanda!! Ya, aku ngerti sih bahasa Belanda, sampai jangkaan tertentu, tapi kalau sudah melibatkan kasus tidak biasa yang melibatkan banyak kata-kata yang masih "asing" buatku, aku jadi bingung juga :-) Dan ini adalah satu dari kasus itu. Untungnya, ada ibu2 orang Belanda yang memberi tahu kami ketika ada kereta tujuan Den Haag tiba :-)

#3 Telepon baru atau tidak??

Yah, hp-ku bersikap menyebalkan dua bulan belakangan ini. Aku menge-charge penuh batere hape dan kemudian ketika aku internetan dengannya, baterenya langsung drop (drop hanya setelah satu menit dipake! Nyebelin!). Baterenya juga lumayan sering drop di beberapa waktu lainnya, misalnya ketika aku mengambil foto (baru tiga atau empat foto sudah drop) atau ketika aku menerima telepon (baru semenit dua menit uda drop). Nyebelin banget!!

Ini membuatku berpikir untuk membeli batere baru untuk hapeku. Tapi kemudian aku jadi berpikir. Hapeku kan sudah dua tahun lebih nih umurnya dan mungkin ini sudah waktunya ganti baru kan? Nah, setelah beberapa riset dan saran dari beberapa teman, aku berpikir bahwa smart phone adalah pengganti yang keren. Aku kemudian menggali informasi lebih dalam dan kemudian mendapat tawaran menarik dari satu operator di Belanda. Aku menghitung-hitung dan dasarnya sih aku mampu membeli hape ini dengan uangku sendiri, karena aku akan membayarnya dengan cara mencicil selama dua tahun. Aku belum deal sih, soalnya aku mau waktu untuk memikirkannya dulu dengan benar-benar :-)

Nah, sekarang aku menghadapi dilema nih. Yah, aku kan bisa aja beli batere baru untuk hapeku yang sekarang dan ini adalah opsi yang tidak terlalu mahal. Atau aku bisa membeli smart phone baru yang harganya lumayan mahal tapi aku mampu membelinya. Hmmm.... . Menurut kalian bagaimana nih?? :-)

Wednesday, December 01, 2010

#864 - (Another) Crazy Week


Well, if I could have fun weekend two times in a row, then of course I can have another crazy week, right? Yup, that is my theme this week: I have another crazy week.

Anyway, before that, as you can read at my previous entry, I was really waiting for snow to come in Delft and I missed some of the first ones because it happened during my sleep-time in the night. But then, this week, I finally got it!! IT WAS SNOWING!!!! YEAAAAHHH!!!! I was really happy to finally experience snow in my life!! Well, aside from the really cold temperature (below 0) and many frozen stuffs (i.e: my bike's gear), snow is cool!! :-)

Back to topic. Yes, I am having a crazy week now. Now I am writing this entry because I am kinda in the middle of my resting time. I am really exhausted and continue working on stuffs now is (I think) a bad idea since my brain is definitely not in a 100% condition now, I will make some small unnecessary mistakes and I tend to overthink a problem when I am tired. Well...

So, I have another two assignments this week. Well, usually, having two regular assignments in one week was still okay, I could handle them. But this week, finishing them requires much more effort, time, brain-power, and more discussions. The assignments are (for me) more complicated and thus needing more focus on them. The thing is, the ammount of time we have is still the same. So ... . Well, wish me luck!! I have finished one of them (and finishing it took one day LONGER than I expected last week) and the second one, well, I should not take that for a granted and the deadline is next Friday...

The thing is, assignments is not the only "thing" I have this week. Last Sunday, I found something horrible. Apparently, there has been some leakages in my apartment causing water sipping in through the wall. This caused my apartment to be damp and of course it was not healthy. Plus, this is the most disgusting part: last Sunday, when I tried to replug my internet cable (because I accidentally unplugged it), I found out that there were apparently some fungi that grew in my room!! I was so shocked!! I had never seen them before because they (smartly) grew in a place that I always overlooked (in one secluded corner of my room). I immediately contacted the caretaker and he said that it was a really bad problem.

The problems caused by the leakages were that bad so that it would need a full-time reparation to repair my apartment. It would not be a quick repair as they have to repaint the wall, clean the fungi (of course), fix the leakages, and some other things. It means that I cannot stay there during the process and I need to move somewhere. Since it is not my fault, I asked the housing company to find a temporary housing for me this afternoon. They found one and luckily they arranged a housing just nearby my old apartment (if not, it would have been a hell for me as I will have to move back to my old apartment after the reparation is finished).

Well, so, that was part of my story today. I had to move ALL of my stuffs from my apartment to my temporary apartment. Plus, as you may know, Wednesday is a long day. Well, "lucky" the morning class was cancelled today so I could have a little bit longer rest last night which gave me more energy today. But still, it was so tiring. This is the reason why I do not really like moving.

At least the day is coming to an end now and basically everything is done. So I can dedicate all of my day tomorrow working on the second assignment. Well, wish me luck!

::: Snow at TU Delft Science Center.

::: If you think this was a road, you are wrong, big time!!! It was a FROZEN canal (yea, it was that cold, a canal this big was frozen!!)

::: White Snow and A Car.

::: White snow in Delft.

::: winter at TU Delft Campus.


Ya, kalau aku bisa mengalami wiken yang menyenangkan dua minggu berturut-turut, tentu aku juga bisa mengalami minggu gila lagi kan? Yup, itulah temaku minggu ini: Aku mengalami minggu gila lainnya.

Ngomong2, sebelum itu, seperti yang bisa dibaca di postingku sebelumnya, aku sangat menantikan salju untuk turun di Delft nih dan aku melewatkan beberapa kesempatan pertama soalnya kejadiannya pas malam banget. Kan aku tidur jam sgitu. Tapi kemudian, minggu ini, akhirnya aku mendapatkannya!! Minggu ini BERSALJU!!!! YEAAAAHHH!!!! Aku senang sekali akhirnya bisa merasakan yang namanya salju dalam hidup ini!! Yah, selain suhunya yang dinginnya ga ketulungan (di bawah 0 loh) dan banyak hal yang membeku (misalnya gigi sepedaku), salju itu keren!! :-)

Balik ke topik. Ya, aku mengalami minggu yang gila sekarang. Aku bisa menulis posting ini sekarang karena aku berada di waktu istirahatku. Aku sangat lelah hari ini dan kembali mengerjakan pekerjaan sekarang adalah hal yang buruk (aku rasa) karena otakku jelas tidak sedang berada dalam posisi siap 100%. Aku akan membuat beberapa kesalahan tak penting kecil dan aku cenderung berpikir terlalu jauh ketika capek. Yah...

Nah, minggu ini tuh aku memiliki dua tugas yang harus dikupul. Biasanya sih, dua tugas dalam seminggu itu masih oke lah, aku masih bisa meng-handle-nya dengan baik. Cuma minggu ini, menyelesaikan dua tugas membutuhkan usaha yang lebih, waktu yang lebih, pemikiran yang lebih, dan lebih banyak diskusi. Tugasnya (menurutku) lebih rumit dan membutuhkan fokus lebih banyak. Masalahnya, jumlah waktu yang kami punya kan masih sama aja. Jadi ya... . Ya, doakan aku yah!! Aku sudah menyelesaikan satu diantaranya (yang beresnya sehari LEBIH LAMA daripada yang jangkaan awalku minggu lalu) dan yang kedua, yah, nggak bisa diremehkan juga dan deadline-nya Jumat ini nih...

Masalahnya, tugas bukanlah satu-satunya hal yang terjadi minggu ini. Hari Minggu kemarin, aku menemukan sesuatu yang sangat mengerikan. Ternyata, ada beberapa kebocoran di apartemenku yang menyebabkan air bisa merembes masuk melalui dinding. Ini menyebabkan udara di dalam kamar menjadi lembab dan tentu ini nggak sehat. Dan, ini nih hal yang paling menjijikkan: Hari Minggu lalu ketika aku akan membenarkan posisi kabel internet (aku nggak sengaja menarik kabelnya), aku menemukan bahwa ternyata ada beberapa jamur yang tumbuh di dalam kamar!! Aku sangat kaget sekali!! Aku tidak pernah melihatnya sebelumnya karena mereka (dengan cerdiknya) tumbuh di tempat yang selalu nggak aku perhatiin (di pojokan kamar yang sangat terpencil). Aku langsung mengontak caretaker apartemenku dan dia berpendapat bahwa ini adalah masalah yang sangat buruk.

Masalah yang ditimbulkan kebocoran ini parah banget sampai reparasi penuh dibutuhkan untuk memperbaiki masalahh ini. Proses ini nggak akan berlangsung cepat karena mereka kan harus mengecat ulang tembok, membersihkan jamur (tentu saja), memperbaiki kebocoran, dan hal-hal lainnya. Artinya, aku tidak bisa dong tinggal disana selama proses ini dan aku harus pindah kemana gitu. Karena ini bukan salahku, aku meminta perusahaan penyedia tempat tinggal ini buat mencarikan tempat tinggal sementara buatku siang ini. Mereka menemukan satu dan untungnya mereka mencarikan tempat tinggal yang dekat banget sama apartemen lamaku (kalo engga bisa mati deh aku soalnya nanti aku juga harus balik lagi ke apartemen lama setelah proses reparasi selesai).

Yah, itulah satu bagian dari ceritaku hari ini. Aku harus memindahkan SEMUA barang-barangku dari apartemenku ke apartemen sementaraku. Plus, seperti yang mungkin uda pada tahu, Rabu adalah hari yang panjang di kampus. Yah, "untungnya" kelas pagi tadi ditiadakan jadi aku bisa beristirahat agak lamaan semalam yang memberikanku lebih banyak energi hari ini. Tapi masih aja, capek banget nih. Inilah alasan mengapa aku nggak gitu suka pindahan.

Setidaknya hari ini sudah selesai sih dan semua urusan hari ini sudah selesai. Jadi aku bisa menggunakan seluruh waktuku besok untuk mengerjakan tugas kedua. Yah, doakan aku ya!

Saturday, November 27, 2010

#863 - Five Thoughts of the Week


  1. Lately, my entries have been about traveling, traveling, and traveling and not really much about what I have been going through in my daily life here. I am afraid it triggers the impression that what I do here in the Netherlands is just having fun and going around freely like a person who has nothing on his shoulder. Well, of course it would have been nice, but that is not the way life is, right? In a daily basis, I work my ass off working on all stuffs from my campus. I know that I must work hard but it does not mean I need to be on working mode 24/7, right? A little balance plays a vital role to succeed.

  2. You might recall that I am a big fan of the sitcom How I Met Your Mother. Well, true, I am a big fan, but not a hardcore fan, apparently. Back in Indonesia, the only way I watched this sitcom is through tv. And since everything was kinda left behind in Asia, I had only watched (almost) three seasons of HIMYM before I moved to the Netherlands this August. Kinda sad because this year, the sixth season is on air in the US.

    Anyway, so last week my friends talked about the fifth season of HIMYM and I asked them where they watched it. They said they watched it online and I asked them for the link and they gave me that link. So, up to now, one week after my friends gave me that link, I have finished season 4. It means that I have watched one and a quarter season (because I had to "patch" some "holes" in season three as I missed some episodes of it back in Indonesia). Wow, kinda proud of it, LOL.

  3. It is quite surprising to see Clint and Steuart lost in this week's episode of The Apprentice US season 10. The editors made it like they would win while Liza and Brandy screwed up. This was a smart "move" by the editors as this far, we have been "fed" with the impression that Liza was useless while Clint and Steuart would likely to be the final two (with their impressive winning streak and boardroom-free until this stage of the competition) and Brandy was kinda strong but tend to play it "safe". If we "believe" the story the editors told us, we would have guessed Liza would probably be fired this week. See, smart move, right? They made us think Liza was the weakest candidate out of the four and they made us think her team screwed up this week. But in the end, Liza and Brandy won and it totally went out of the (pre-designed) expectation!

    Anyway, but I agree that it must have been a really difficult call for Donald Trump to make a decision whether he would fire Clint or Steuart. And I also like both of them. They were really classy up there in the boardroom. They respected each other and did not throw the other one under the bus with sadistic heartless dirty move (like, apparently, some other candidates (not only from this season but also from many previous seasons) did).

    Next week's episode will be the first part of the finale, which means that at the beginning of the episode, one of the remaining three would be fired. If I have to guess now, based on the story the producers have thrown to us, I think Liza would likely to be fired at this point. But we will see... .

    Anyway, it makes me think of something. Let's say, in this episode, Clint and Steuart had won. So, Trump had to fire either Liza or Brandy. Clint and Steuart were safe, and they were (of course) the most favorite finale candidates. Would Trump still (only) have fired one candidate between Liza and Brandy or would he have fired both Liza and Brandy just like what he did in the final four of season four and five where he fired both candidates in the losing team of the final four? Quite interesting...

  4. I am excited when I read the weather forecast for this week that it would be snowing in Delft!! Well, having lived in Indonesia for my whole life until last August, of course I have never experienced "snowing" weather in my life. That is why I am so excited!! Last Wednesday, I read it would be snowing that night. I was so exhausted that day because Wednesday is a long day for me this semester. But I tried my best to stay awake as I wanted (that bad) to see the snow. Until midnight, it was still not snowing. Sure it was damn cold outside my room, but there was still no snow. Okay, I gave up. I went to bed. The next morning, my friend posted some pictures in Facebook that that night, it was really snowing in my neighborhood!! It was at about 2 AM!! Daaaammmnnnn....

  5. This sucks:
    I know that they put their ad there and it was from the ad that the live coverage streaming could be performed. But: Did they really have to put the ad there?? It blocked the score for God's sake!! Why did not they move it just a little bit away so that watcher can still enjoy the broadcast completely with the factual scoreline?


  1. Akhir-akhir ini, posting-ku berkutat di seputar jalan-jalan, jalan-jalan, dan jalan-jalan dan bukan tentang apa yang terjadi sehari-hari disini. Aku agak khawatir kalau hal itu menyebabkan munculnya impresi bahwa apa yang aku lakukan di Belanda ini hanyalah bersenang-senang dan keliling-keliling dengan bebas tanpa beban. Yah, memang sih hal kaya gitu tuh menyenangkan sekali, cuma masalahnya hidup tu nggak seperti itu kan? Sehari-hari, aku juga kerja keras banget nih mengerjakan banyak hal dari kampus. Aku tahu bahwa aku harus bekerja keras tapi bukan berarti aku harus selalu dalam mode bekerja setiap waktu kan? Keseimbangan kan memainkan peran penting untuk sukses.

  2. Mungkin pada ingat kalau aku sangat ngefans sama sitkom How I Met Your Mother. Yup, betul bahwa aku sangat ngefans sama HIMYM, tapi nggak fanatik, ternyata. Waktu di Indonesia dulu, aku hanya menonton sitkom ini di tv. Dan karena semua hal itu agak tertinggal di Asia, aku hanya menonton (hampir) tiga musim pertama dari HIMYM sebelum aku pindah ke Belanda Agustus lalu. Agak menyedihkan juga sih, soalnya tahun ini musim keenam dimainkan di Amrik.

    Ngomong2, minggu lalu temanku ngobrol tentang musim kelima dari HIMYM dan aku bertanya ke mereka dimana mereka nonton. Kata mereka sih mereka nonton online dan aku meminta link-nya dan kemudian mereka memberiku link-nya itu. Nah, sampai sekarang, seminggu setelah temanku memberiku link itu, aku sudah selesai menonton musim keempat. Yang artinya, aku sudah menonton sekitar satu seperempat musim (soalnya aku juga harus "menambal" beberapa "lubang" di musim tiga karena aku nggak sempat nonton beberapa episode itu di Indonesia). Cukup bangga dengannya, LOL.

  3. Agak mengejutkan juga melihat Clint dan Steuart kalah di episode minggu ini dari The Apprentice US musim 10. Editornya membuat seolah-olah mereka akan menang sementara timnya Liza dan Brandy kacau. Ini adalah "langkah" cerdas dari produser karena sejauh ini, kita sudah dijejali dengan impresi bahwa Liza itu tidak berguna sementara Clint dan Steuart sepertinya akan menjadi dua besar (dengan kemenangan beruntun mereka yang impresif dan bebas dari boardroom sejauh ini) dan Brandy itu lumayan kuat tapi cenderung bermain "aman". Kalau kita "mempercayai" apa yang diberikan editor kepada kita, kita akan menduga kalau Liza yang akan dipecat minggu ini. Nah, langkah cerdas kan? Mereka membuat kita berpikir Liza adalah kandidat yang terlemah di empat besar dan mereka membuat kita merasa timnya Liza kacau. Tapi akhirnya, Liza dan Brandy menang dan ini benar-benar mengejutkan!

    Ngomong-ngomong, aku setuju sih kalau minggu ini adalah minggu yang berat untuk Donald Trump untuk memutuskan apakah ia akan memecat Clint atau Steuart. Aku juga suka keduanya. Mereka sangat berkelas di boardroom. Mereka saling menghormati satu sama lain dan tidak memfitnah satu sama lain dengan cara yang kotor nan sadis dan kejam (kaya yang, ternyata, dilakukan kandidat lain (nggak hanya dari musim ini tapi dari banyak musim sebelumnya)).

    Episode minggu depan adalah bagian pertama dari final, yang artinya di awal episode, satu diantara tiga yang tersisa akan dipecat. Kalau aku harus menebak sekarang, berdasar cerita yang telah produser acara berikan ke kita, sepertinya Liza yang akan dipecat di titik ini. Tapi akan kita lihat... .

    Ngomong2, jadi kepikiran satu hal nih. Andaikata nih, di episode minggu ini, Clint dan Steuart menang. Nah, kini Trump harus memecat antara Liza atau Brandy. Clint dan Steuart aman dan mereka (tentu) adalah kandidat favorit untuk berada di final. Apakah Trump masih akan (hanya) memecat satu di antara Liza dan Brandy atau dia akan memecat kedua Liza dan Brandy seperti yang ia lakukan di empat besar di musim empat dan lima dimana ia memecat semua kandidat di tim yang kalah di empat besar? Menarik....

  4. Aku sangat bersemangat ketika membaca ramalan cuaca bahwa minggu ini akan bersalju di Delft!! Yah, karena sebelum ini selalu tinggal di Indonesia sampai Agustus lalu jadinya aku belum pernah merasakan yang namanya cuaca "bersalju" selama ini. Makanya aku sangat bersemangat karenanya!! Rabu alu, aku membaca bahwa malam itu akan bersaljut. Aku capek sekali hari itu karena Rabu adalah hari paling melelahkan buatku. Tapi aku benar-benar mencoba untuk tetap bangun selama mungkin karena aku (sangat) ingin melihat salju itu. Sampe tengah malam, koq belum turun ya saljunya. Akhirnya aku menyerah deh karena memang sudah capek banget, dan aku tidur. Keesokan paginya, temanku mengunggah beberapa foto di Facebook bahwa malam itu memang bersalju di tempatku!! Cuma saljunya turunnya jam 2 pagi!! Siaaaaaaallllll....

  5. Hal ini menyebalkan sekali:
    Aku tahu benar bahwa mereka beriklan di situ dan dari iklan itulah tayangan langsung via internet ini bisa dilangsungkan. Masalahnya: Apa iya gitu iklannya harus ditaruh disitu?? Itu kan nutupin skornya woi!! Mbok ya dipindah dikit kemana kek gitu iklannya, jadi penonton masih bisa menikmati tayangan utuh lengkap dengan skor sementaranya.

Thursday, November 25, 2010

#862 - (Another) Fun Weekend


Okay, apparently, I have not been as productive (in blogging) as I expected to be on November, kinda weird though.

Anyway, so last weekend, I went to Belgium, again, for the second consecutive weekend. But this time, my friends and I went to a different city: Ghent. Wait, you have never heard of Ghent before?? Well, in that case, you are not alone, me too. Before my friend posted this link from lonelyplanet in Facebook about three weeks ago, I had never heard of Ghent before. The two closest cities in that list to where I live now were Ghent and Valencia. And because Ghent was waaay closer to Delft than Valencia, so suddenly this trip was planned.

So, last Saturday, this plan was executed. We took an international train ride to Antwerpen and took a local train there to get us to Ghent. We learnt from our experience that traveling on Sunday in Europe was a bad idea since many places were closed (I did not write this detail in my last entry. In that Sunday trip to Leuven, a small town in Belgium, most things (like stores, cafes, restaurants) were closed and of course it kinda sucked! It was a small town and everything in it was closed!! What would be the worse combination??). So we decided to go on Saturday :-)

Anyway, so we finally arrived in Ghent after about three hours of train-ride from Delft. Ghent was a much bigger city and it was more "alive" than Leuven (maybe it was because of the fact that I went to Ghent on Saturday while I went to Leuven on Sunday). There were many beautiful and classical buildings (like churches, cathedral, spire) and we could climb up the clock tower.

Aside from the magnificent architecture, I was really in love with one of the local delicacy (and I still remember the name, so that is a thing). It was stoverij. Stoverij was tender meat cooked for three hours in dark beer with a brown gravy. We tried this delicacy at one restaurant in the Historic Centrum (this might explain why it was kinda expensive (well, not "that" expensive tho for Europe standard): 15 euro). But it was daaaaamn goood!!! I encourage you all to try this menu if you visit Ghent! :-)

Anyway, that day we went to Ghent was apparently the day where the sinterklaas parade took place. And my professor said that the sinterklaas (and Zwarte Pit (Pit the Black)) would be in Delft the whole day. I was a little disappointed with this because I would not be in Delft that day and there would be something going on in Delft that day!?!? That sucked!!! (beside, I had not seen sinterklaas probably since I was in elementary school, LOL). Anyway, so that day in Ghent, apparently they celebrated the same tradition as I also met sinterklaas there!!! Yeaaahhh!!! Sure I did not get any present (c'mon, I was not a little boy anymore) but I was still happy! :D

Well, that pretty much summed up my Saturday. We went back to Delft later that evening after missing the 7.24 PM train (and we gotta take the 8.24 train because of that). Lucky this time the train was not "that" full so we got seat quite easily.

On Sunday, I got my first haircut in Europe and it cost me 12 euro. Well, the price was okay. Then, my friends and I had dinner at an Indonesian restaurant in Den Haag. I had soto babat :-)

::: Ghent's Historic Centrum.

::: A really delicious Stoverij with french fries.

::: Sinterklaas Parade in Ghent, really interesting to see!!

::: sinterklaas!!

::: The city of Ghent as seen from the top of Ghent Clock Tower.

::: Ghent Clock Tower.

::: Sint Baafskathedraal, Ghent, Belgium.

::: Sint Baafskathedraal, Ghent, Belgium with lights on.

::: The city of Ghent at night.

::: Soto Babat!!


Hmmm, ternyata, aku tidak seproduktif (dalam hal nge-blog) yang aku bayangkan di bulan November ini, agak aneh nih.

Ngomong2, jadi wiken lalu, aku pergi ke Belgia, lagi, dua minggu berturut-turut. Kali ini, aku dan teman2 pergi ke kota yang lain: Ghent. Eh, belum pernah dengar Ghent sebelumnya?? Tenang aja, Anda nggak sendiri koq, aku juga. Sebelum temanku merujuk tautan dari lonelyplanet ini di Facebook sekitar tiga minggu yang lalu, aku juga belum pernah mendengar Ghent. Dua kota terdekat di daftar kota itu adalah Ghent dan Valencia. Dan karena Ghent itu jauh lebih dekat ke Delft daripada Valencia, direncanakanlah perjalanan wiken lalu ini.

Jadi, Sabtu lalu, rencana ini dijalankan. Kami naik kereta internasional menuju Antwerpen kemudian pindah ke kereta lokal tujuan Ghent. Kami belajar dari pengalaman bahwa jalan-jalan di hari Minggu di Eropa itu adalah ide yang sangat buruk karena buanyak tempat tutup (aku nggak menulis detail ini di posting sebelumnya nih. Hari Minggu itu, dalam rangka perjalanan ke Leuven, sebuah kota kecil di Belgia, banyak tempat (kaya toko-toko, kafe, dan restoran) tutup dan tentu saja ini sangat menyebalkan!! Leuven adalah kota yang kecil dan apa-apa disana tutup!! Coba deh kombinasi apa yang lebih buruk lagi??). Makanya kami memutuskan untuk pergi di hari Sabtu :-)

Ngomong2, akhirnya kami tiba di Ghent setelah perjalanan tiga jam dengan kereta dari Delft. Ghent adalah kota yang lebih besar daripada Leuven dan lebih "hidup" (ini mungkin karena aku pergi ke Ghent di hari Sabtu sementara aku pergi ke Leuven di hari Minggu). Ada banyak gedung-gedung (kaya gereja, katedral, menara, dll) yang sangat indah dan klasik dan kami juga bisa naik ke atas menara jamnya loh.

Di samping arsitektur yang menawan, aku sangat suka sama salah satu masakan lokalnya (dan aku masih ingat namanya, jadi pertanda bagus tuh). Namanya adalah stoverij. Stoverij adalah daging empuk yang dimasak selama tiga jam dengan dark beer dengan kuah daging. Kami mencoba masakan ini di sebuah restoran di Historic Centrum (ini mungkin menjelaskan mengapa harganya agak mahal (ya sebenarnya nggak mahal-mahal amat sih untuk standar Eropa): 15 euro). Tapi memang enaaaaak banget loh!!! Aku sarankan kalau pas berkunjung ke Ghent, harus mencoba menu ini deh! :-)

Ngomong2, hari dimana kami berkunjung ke Ghent itu ternyata adalah hari dimana diadakannya parade sinterklaas (sinterklas). Dan dosenku bilang kalau akan ada parade sinterklas (dan Zwarte Pit (Pit Hitam)) di Delft sepanjang hari. Aku agak kecewa dengan ini karena aku nggak akan berada di Delft hari itu dan pada hari itu ada sesuatu spesial yang berlangsung di Delft!?!? Nyebelin banget!!! (di samping itu, aku kan uda lama nggak liat sinterklas, mungkin sejak SD kali ya, LOL). Ngomong2, di hari itu di Ghent, ternyata mereka juga merayakan tradisi yang sama karena aku bertemu dengan parade sinterklas!!! Yeaaahhh!!! Tentu saja aku nggak dapat hadiah apa-apa (iya lah kan uda bukan anak kecil lagi :D) tapi masih senang tuh! :D

Yah, kurang lebih itulah hari Sabtuku. Kami balik ke Delft malam harinya setelah ketinggalan kereta yang jam 7.24 malam (dan kami harus naik kereta berikutnya yang berangkat jam 8.24 malam). Untungnya kali ini keretanya nggak penuh-penuh amat jadi kami bisa dapat kursi dengan mudah.

Di hari Minggu, aku potong rambut untuk pertama kalinya di Eropa loh dan ongkosnya adalah 12 euro. Harganya ok sih menurutku. Trus, aku dan teman2 makan malam di sebuah restoran Indonesia di Den Haag. Aku makan soto babat :-)