Sunday, November 09, 2008

#618 - Kompetisi Matematika Unpar 2008

note: this entry will only be written in Bahasa Indonesia. Thanks

Karena kayanya ni posting akan panjang dan aku lagi malas nulis dalam 2 bahasa, jadi nulis dalam Bahasa Indonesia saja deh, hahaha... :)

Hari ke Nol (Rabu, 5 November 2008)

Hari persiapan dan cukup melelahkan. Sorenya ada briefing mengenai acara keesokan harinya. Ada cerita panjang yg mungkin ditulis nanti aja deh, hehe... . Aku baru sempet pulang jam 11.30 malam loh. Cape banget dah, padahal baru hari ke nol, haha...

Hari ke Satu (Kamis, 6 November 2008)

Hari Kamis ini jadwal pertandingan tingkat SD sekaligus ada pembukaan acara. Aku bangun jam 5 pagi dan jam 6 kurang udah ke kampus (mampir ke McD dulu beli burger buat sarapan). Jam 6 lebih dikit udah tiba di kampus. Setelah mempersiapkan beberapa hal juga, tibalah waktu pembukaan (sebelum pembukaan tentu aja beberapa undangan kaya rektor, kajur, dll juga datang dan aku menyambut mereka bersama ketua acara). Jeng jeng jeng, waktu pembukaan tiba dan aku harus memberikan kata sambutan. Berjalan lancar sih, tapi tetep agak ada rasa grogi juga, hahaha... .

Pembukaan beres. Babak Penyisihan SD dimulai di GSG dan aku harus ke Gedung 9 untuk handle Technical Meeting tingkat SMP. Situasi di Technical Meeting terkontrol dengan baik, hahaha... .

Aku kemudian balik ke GSG. Babak Penyisihan sudah berlangsung sekitar 1 jam dan aku mendengar berita lucu bgt. Nampaknya soal yang aku buat (iya, aku yang buat soalnya karena aku adalah Koordinator Divisi Materi di kepanitiaan kali ini) susah (banget). Katanya, waktu aku di Gedung 9, ada salah satu peserta yang literally mengibarkan bendera putih. Jadi dari hadiah notes yang dikasi ke dia, dia masukin pulpen di ring-nya trus dikibar-kibarkan kaya bendera putih gitu deh. Wakakakaka, lucu banget. Ah, andai difoto ya, haha... .

Baru sekitar 10 menit di GSG aku mesti balik lagi ke Gedung 9 (melelahkan lho bolak-balik GSG - Gedung 9 soalnya ada banyak tangga yang harus dilalui) untuk membicarakan tentang kompetisi dengan dosen. Trus balik lagi deh ke GSG.

Jam 12, Babak Penyisihan beres. Aku kemudian bersama beberapa orang mulai mengoreksi jawaban. Hmm, walau banyak yang bilang soalnya susah, tapi nyatanya ada koq beberapa tim yang nilainya bagus!! haha... :) Dari seluruh peserta (37 tim) akan dieliminasi 32 tim (maksudnya diambil 5 besar gitu, haha...) untuk menghasilkan 5 tim finalis. Jam 1 hasilnya diumumkan dan ternyata semua finalis berasal dari Jakarta.

Jam 2 Babak Final dimulai. Babak Final berformat Cerdas Cermat. Semua untungnya berjalan lancar dan beres jam 3.

::: mie keriting. Hmm, bukan mie nya yang porsinya kecil, besar tuh. Tapi memang es teh nya yang ukurannya gila banget gedenya. Segede gitu cuma Rp 1.500,- loh, hahaha... :)

Setelah semua beres bukan berarti aku bisa pulang. Aku harus mempersiapkan lagi untuk besoknya (Jumat) dan baru sempat pulang jam 7.15 malam.

Hari ke Dua (Jumat, 7 November 2008)

Sama, aku bangun jam 5 pagi dan jam 6 pagi udah di kampus. Hari ke dua adalah hari favoritku, hahaha... :) Soalnya semua tes berupa soal tertulis.

Tahun ini sistem Babak Perempat Final aku ubah dari tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun-tahun sebelumnya, sistem penilaian adalah 4 poin untuk jawaban benar, 0 untuk kosong, dan -1 untuk salah, sehingga ekspektasi nilai per soal untuk SMA adalah 0 dan untuk SMP adalah 0,25. Menurutku itu tidak seru dan agak kurang fair mengingat jika ada nilai akhir sama akan diambil peserta dengan banyak benar lebih banyak. Kenapa gak fair? Karena kalau aku jadi peserta, dengan bobot seperti itu, jika nggak tahu jawabannya mending nembak aja, soalnya toh ekspektasi nilainya 0 (jika SMA) ato malah 0,25 (jika SMP). Kalo kosong kan nilainya 0, mending nembak dong ada peluang 1/5 (untuk SMA) ato 1/4 (untuk SMP) jika gatau, ya ga? haha... . Makanya tahun ini semua aku ubah jadi ekspektasinya -1 (untuk SMA nilainya 3 untuk Benar, 0 untuk kosong, dan -2 untuk salah, sementara untuk SMP nilainya 5 untuk benar, 0 untuk kosong, dan -3 untuk salah). Kalau ekspektasinya -1, masing-masing peserta kan harus mikir banget tuh, gabisa nembak. Kalo nembak ekspektasi nilainya -1, kalo mau cari aman, ya mending kosong aja, nilainya 0, haha... .

Jam 8.15 Babak Perempat Final SMA dimulai dan beres jam 10.15. Gara-gara perubahan itu, banyak yang jawabannya kosong (ga kaya tahun lalu) dan rata-rata per anak adalah 34,6 dari 50 soal adalah kosong, hahaha... . Paling banyak ada yang 49 kosong loh (jadi dalam 2 jam cuma ngisi 1 biji soal doang). Kemudian aku ikutan mengoreksi. Setelah ngoreksi beres, kan ketahuan tuh 30 peserta (dari 91 perempat finalis) yang lolos ke Babak Semi Final. Untung ga ada nilai dobel. Aku kemudian membuat daftar semu finalis, program nilai Babak Semi Final, dan mengacak susunan kursi Babak Semi Final. Gara-gara itu semua aku jadi kaga sempat makan siang (mikir makan pun kaga sempat). Jam 1 siang Babak Perempat Final SMP dimulai. Jam 1 aku ke Gedung 9 untuk mempersiapkan Babak Semi Final SMA yang dimulai jam 2 siang.

::: Perempat Final SMA

Jam 2 siang Babak Semi Final dimulai. Jam 3 kurang aku ke GSG untuk mengecek kelancaran acara disana. Ada kejadian LUCU lagi. Masa ya ada peserta SMP yang NGOMPOL!! WTH!! Waaa... . Sumpah ada-ada aja ya kejadian lucu. Hari pertama ada yang ngibarin bendera putih, di hari kedua ada yang ngompol. Untungnya di SMP lancar-lancar saja. Aku kemudian balik lagi ke Gedung 9. Babak Semi Final selesai jam 4 sore. Aku mengumpulkan semua jawaban dan menyortirnya, kemudian membawanya ke dosen-dosen juri untuk dikoreksi. O iya, aku juga ikut ngoreksi loh, kan 1 orang in charge sama 1 soal. Ada 5 soal, 4 dosen dan 1 juri dari Divisi Materi. Jam 5.30 sore ngoreksinya beres. Kemudian kami menghubungi para peserta mengenai hasil. Dari 30 orang dieliminasi 24 orang sehingga menyisakan 6 orang finalis.

::: Perempat Final SMP

Hari kedua belum selesai. Malamnya aku masih harus stay sampe malem untuk mengoreksi satu per satu soal untuk Babak Semi Final SMP dan Final SMP hari Sabtu nya. Ngoreksinya harus benar2 teliti dan aku gamau ada kesalahan. Aku sudah mengantisipasi sih tapi tetap aja kan enak kalo nggak ada kesalahan kan, haha... . Gara-gara itu aku lupa kalo aku beli nasi goreng (ga sempet mikir untuk makan). Akhirnya mubazir deh... :( Aku baru sempat pulang jam 10.30 malam.

Hari ke Tiga (Sabtu, 8 November 2008)

Hari ketiga awalnya adalah hari paling menakutkan untuk aku soalnya di Cerdas Cermat aku terlalu paranoid (takut ada kesalahan, haha). Aku tiba di kampus jam 6 pagi, kaya hari-hari sebelumnya. Kemudian jam 7.30 aku meng-handle sebuah forum di antara 15 semifinalis SMP mengenai sistem. Ada sekolah-sekolah dengan peserta yang lolos ke semifinal lebih dari 1 tim dan ada banyak usulan untuk pengundian dibuat ga ada "bunuh-bunuhan" antar 1 sekolah di 1 grup Semi Final (catatan: 15 peserta dibagi ke dalam 5 grup semifinal). Sebenernya keputusan awal panitia adalah pengundian dengan sistem undian murni. Ga peduli mau bunuh-bunuhan atau tidak. Namun demi kenyamanan bersama, ya sudah forum dibuka dan khusus untuk 1 aturan ini, panitia mau untuk fleksibel. Berhubung ada mixed pendapat pada forum dan mereka mengembalikan keputusan ke panitia, ya sudah oke kita tetap stick sama aturan awal kita. Eh, habis undian murni ternyata memang ga ada yang bunuh2an, haha...

Sebenernya aku pingin nonton Final SMA, soalnya pasti seru tuh (presentasi). Namun aku harus in charge di SMP soalnya di SMP lebih 'riskan', yaitu Cerdas Cermat. Cerdas Cermat dimulai jam 9 kurang. Semuanya berjalan dengan sangat lancar sekali dan membuat aku lega. Tidak ada satu pun kesalahan yang ada, hohoho... . Jam 11.15 Semi Final SMP sudah selesai. Aku kemudian ke Audio Visual untuk lihat Final SMA. Ternyata memang seru, haha... .

Jam 1 siang hasil Final SMA keluar dan aku menginput nilainya ke komputer untuk dihitung dengan program (penentuan pemenang tahun ini agak berbeda, yaitu dengan ikut mempertimbangkan nilai yang didapat peserta di Perempat Final dan Semi Final). Jam 1 siang Babak Final SMP juga dimulai. Babak Final SMP-nya berakhir seru loh. Soal terakhir menjadi soal penentuan, haha... . I'm happy with that. Sama sekali nggak ada kesalahan, dan rasa paranoid-ku tidak beralasan karena semua yang aku persiapkan berjalan dengan sempurna. Me rocks!! haha... :)

Jam 2.30 acara penutupan dimulai, dan resmi lah Kompetisi Matematika 2008 berakhir, haha... . Kemudian ada evaluasi.

::: para juara


Begitulah cerita lengkapnya, ternyata beneran jadi panjang banget yah, hahaha... :) Hmmm, tentu saja dalam mengadakan acara ini ada banyak sekali hambatan dan tekanan yang membuat aku frustrasi juga, namun lumayan lah untuk pembelajaran diri. Aku juga mengenal ada banyak karakter orang. Aku juga belajar banyak hal, misalnya kewibawaan, kesabaran, dsb, hahaha... :)

No comments:

Post a Comment